Cara Mendukung Ibu Pasca Melahirkan

Published by MinRien on

Cara-dukung-ibu-pasca-melahirkan

Cara Mendukung Ibu Pasca Melahirkan, bukan hanya dapat dilakukan oleh suami saja. Namun dukungan dari keluarga, sahabat dan kerabat lain pun sangat penting dan dibutuhkan.

Berdasarkan data dari WHO (World Health Organisation), sebanyak 10-50% wanita yang mengalami masa persalinan di negara berkembang, mengalami depresi sejak hamil hingga setahun setelah proses melahirkan. Sedangkan sebanyak 70-80% ibu melahirkan, mengalami syndrom baby blues, tidak hanya di negara berkembang saja, namun juga di negara maju.

Depresi atau gangguan mental yang dialami oleh ibu hamil maupun ibu yang telah melalui proses persalinan, rupanya tidak hanya berefek pada kondisi psikis ibu saja. Beberapa penelitian menyebutkan, kondisi ibu yang stres, pun dapat dirasakan oleh bayi. Hormon kortisol dari Ibu yang stres dapat dirasakan oleh bayi. Pun berefek pada kemungkinan bayi akan mengalami kekurangan ASI dari ibu.

Oleh karenanya, dukungan dari sekitar sangat dibutuhkan oleh Ibu, untuk menjaga kesehatan mental ia dan bayinya. Berikut beberapa alasan lain, mengapa memberi dukungan pada ibu pasca melahirkan, sangat penting dilakukan oleh sekitarnya:

  • Dukungan dari sesama ibu, memberi rasa “tidak sendirian” pada ibu yang baru saja menjalankan perannya, setelah proses persalinan
  • Dukungan untuk ibu dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dalam mengasuh anak
  • Ibu baru merasa lebih percaya diri dalam menjalani peran barunya
  • Memberi dukungan pada ibu, dapat membantunya memiliki kesehatan mental yang lebih baik

Apa saja hal-hal yang bisa dilakukan untuk mendukung ibu baru pasca melahirkan? Berikut beberapa hal yang kerabat tercinta ibu baru dapat lakukan:

  1. Keep in touch, dengan meluangkan waktu menanyakan kabarnya
  2. Jadwalkan hangout jika memungkinkan untuk keluar rumah sebentar, atau hubungi melalui telepon maupun video call dengannya
  3. Batasi waktu ketika menjenguk setelah melahirkan maupun ketika berkunjung
  4. Sharing kisah sehingga Ibu tidak merasa sendirian menjalani peran barunya
  5. Periksa apa yang dibutuhkan ibu
  6. Tawarkan bantuan untuk menyelesaikan tugas tertentu
  7. Beri kejutan

Menawarkan Bantuan Pekerjaan Rumah Tangga Harian

Saat berkunjung ke rumah ibu baru, menawarkan bantuan untuk melakukan beberapa tugas harian rumah tangga, bisa menjadi salah satu kejutan baik yang dibutuhkan. Atau, membawakan ibu baru, makanan minuman favorit saat mengunjungi rumahnya, bisa menjadi mood booster tersendiri.

Salah satu kebutuhan harian krusial yang dibutuhkan ibu dan ayah baru, adalah kesediaan kuliner harian. Baik untuk kebutuhan sarapan, makan siang ataupun makan malam. Hadirnya buah hati, tentu sangat dibutuhkan adaptasi dalam mengatur waktu dan energi di hari-hari tumbuh kembangnya.

Cara Mendukung Ibu Pasca Melahirkan dengan Kuliner Harian Praktis

Ibu baru, tentu belum memungkinkan untuk melakukan terlalu banyak aktivitas fisik, atau pekerjaan rumah tangga yang berat. Program PAMERIEN, atau Paket Menu Harian Buk Rien, hadir untuk memudahkan para ibu baru, untuk tetap mengkonsumsi makanan harian yang sehat tanpa perlu repot memasak.

Selain PAMERIEN si catering harian, yang tepat untuk mendukung kebutuhan kuliner Ibu pasca melahirkan. Dapur Buk Rien juga menyediakan produk lauk siap masak / meal-prep dan sayur siap masak / food-prep, yang biasa diminati oleh ibu dengan anak batita dan balita.

Hubungi MinRien, untuk detail program kuliner harian yang halal, non-MSG dan fresh dari Dapur Buk Rien. Pesan tanpa minimum pemesanan dan tanpa perlu berlangganan.

Categories: Tips & Trik

MinRien

Kuliner Rumahan, bikin Ketagihan

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Chat MinRien
Halo,
saya Riennita,
ada yang bisa saya bantu?