Apa itu Meal Preparation?

Published by MinRien on

apa-itu-meal-preparation_dapurbukrien

Apa itu meal preparation? benarkah teknik meal preparation dapat menghemat waktu, energi dan budget kebutuhan makan harian? yuk cari tahu!

Mengenal Meal Preparation atau Meal Prep

Meal Preparation atau yang biasa disebut sebagai meal prep, adalah salah satu teknik menyiapkan makanan untuk kebutuhan harian, mingguan ataupun bulanan. Sebagai contoh, Bunda ingin menyiapkan makanan untuk pekan depan, maka meal-prep biasanya dilakukan pada pekan sebelumnya.

Pada teknik meal prep, makanan yang sudah terjadwal pada kurun waktu tertentu, disiapkan lebih awal. Bisa disiapkan dengan membersihkan / memotong bahan-bahanya, atau memasak makanannya setengah matang. Lalu, menyimpannya didalam kulkas, sehingga siap dihangatkan ketika akan memakannya.

Mengapa melakukan Meal Prep?

Teknik meal preparation ini tepat untuk orang-orang yang memiliki rutinitas padat, dan hanya memiliki waktu terbatas untuk beristirahat atau makan. Dilansir dari Select Health , berikut beberapa alasan melakukan Meal Prep:

  1. Efisiensi Waktu. Seringnya waktu dihabiskan untuk memilih menu apa untuk dimakan sehari-hari. Dengan melakukan meal-prep, dimana sudah mengatur jadwal menu untuk beberapa hari berikutnya, akan lebih efisien dalam menggunakan waktu.
  2. Efisiensi Budget. Meal-prep melatih untuk mempersiapkan budget makanan untuk beberapa waktu berikutnya. Sehingga lebih efisiensi dalam budgeting untuk membeli makanan, karena bahannya sudah tersedia didalam kulkas.
  3. Lebih mudah mengatur porsi makan. Melakukan meal-prep berarti juga sudah memperhitungkan porsi makan, dibandingkan makan diluar (restoran atau kafe). Lebih mudah dalam mengontrol jumlah porsi yang akan dikonsumsi, hingga jenis bahan makanan yang digunakan.
  4. Memudahkan saat memilih menu makanan. Menu makanan yang sudah dibuat diawal pekan, memudahkan ketika menyiapkan makanan. Sehingga tidak perlu bingung ketika memilih menu makanan.
  5. Melatih keterampilan memasak. Dengan terbiasa melakukan meal-prep, melatih keterampilan dalam memilih bahan masakan, menyiapkan hingga mengolahnya. Tentunya menjadi tantangan tersendiri dalam menyiapkan masakan hasil kreasi sendiri.
  6. Lebih menghargai makanan. Semakin sering melakukan meal-prep, semakin paham mengenai jumlah porsi yang dibutuhkan dalam sekali memasak. Sehingga dapat menghindari terbuangnya bahan makanan yang tidak dimakan.
  7. Memberi inspirasi bagi orang lain. Teknik meal-prep yang sedang viral ini, seringkali menjadi inspirasi bagi orang terdekat. Tidak hanya dari sisi efisiensi waktu, tenaga dan budget, namun metode penyimpanannya, dijamin membuat kulkas lebih tertata rapi.

Apa itu Meal Preparation by Dapur Buk Rien?

Tidak perlu khawatir lagi, meal preparation atau lauk siap masak, kini tersedia di Dapur Buk Rien. Terbagi menjadi dua jenis, yaitu Lauk Siap Masak dan Sayur Siap Masak.

Meal Preparation – Lauk Siap Masak

Lauk Siap Masak dari Dapur Buk Rien, adalah aneka lauk utama berbumbu yang sudah dimasak setengah matang. Lauk yang terdiri dari ayam, ikan, seafood atau daging ini, selain halal, juga diolah tanpa MSG. Tentukan sendiri, untuk selanjutnya digoreng, dipanggang ataupun dibakar.

Meal Prep – Sayur Siap Masak

Sayur Siap Masak oleh Dapur Buk Rien, terdiri dari aneka menu sayuran khas Nusantara maupun International. Semua sayuran sudah dipilihkan yang terbaik dan dipotong sesuai menu yang dipesan. Pada paket sayur siap masak ini, termasuk juga bumbu homemade khas Dapur Buk Rien yang tanpa MSG. Memasak sayur dengan mudah, tinggal cemplung-cemplung dalam kuah yang sudah disiapkan.

Pemesanan Meal Prep di Dapur Buk Rien

cara-memesan-dapurbukrien
Categories: Kuliner

MinRien

Kuliner Rumahan, bikin Ketagihan

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Chat MinRien
Halo,
saya Riennita,
ada yang bisa saya bantu?