7 Jenis Keterampilan Anak yang Harus Dimiliki

Published by MinRien on

keterampilan anak sekarang untuk masa depan sukses
nilai A di sekolah, tidak cukup menjamin kelak anak menjadi pribadi sukses

Keterampilan anak yang dibutuhkan saat ini, tentunya akan sangat berbeda dengan keterampilan yang kita butuhkan di zaman dulu. Keterampilan lunak atau soft skills, dapat membantu anak menjadi pribadi yang sukses dikemudian hari.

Dilansir dari Mind in the Making karya Ellen Galinsky, berikut 7 soft skills yang perlu dikuasai oleh buah hati :

keterampilan anak untuk fokus dan mengontrol diri

Fokus dan Kontrol diri

Anda dapat mulai melatih Anak dengan secara disiplin mengambil, dan mengembalikan barang yang telah ia pakai di tempat yang sudah disediakan di rumah. Melakukan aktivitas seperti membaca buku, juga dapat melatih fokus dan rasa “menikmati moment” anak ditengah era yang serba cepat dan multitasking ini.

keterampilan anak melihat dari perspektif berbeda

Melihat dari Perspektif yang Berbeda

Memberikan pertanyaan akan pengamatan tentang perasaan karakter dalam buku, dapat menstimulus anak memiliki perspektif yang berbeda. Seperti bertanya : Sacha sedang merasa sedih, menurutmu, apa yang bisa dilakukan untuk membuatnya merasa lebih baik?

keterampilan anak berkomunikasi

Keterampilan Anak dalam Berkomunikasi

Anak membutuhkan interaksi pribadi setiap hari untuk membangun keterampilan berkomunikasinya. Melakukan komunikasi dengan orang dewasa yang tertarik dengannya dapat membantu membangun keterampilan ini. Luangkan waktu Anda dan si buah hati setiap hari, untuk melatihnya memiliki keterampilan sosial-emosional yang sehat, membaca isyarat sosial dan mendengarkan dengan cermat, sehingga membantunya menerjemahkan apa yang ia maksud dan inginkan melalui kata-katanya.

keterampilan anak membuat koneksi

Membuat Koneksi

Menurut Gallinsky, pembelajaran sejati terjadi ketika kita dapat melihat hubungan dari pola-pola yang berbeda. Tindakan sederhana seperti memilih pakaian sesuai kondisi cuaca, membantu mereka membuat koneksi.

keterampilan anak berpikir kritis

Keterampilan Anak untuk Berpikir Kritis

Pastikan anak Anda memiliki waktu setiap hari ini bermain bersama teman-temannya. Seperti : bermain peran, bermain fisik seperti petak umpet, bermain struktur.

keterampilan anak untuk berani mengambil tantangan

Keberanian Mengambil Tantangan

Ciptakan lingkungan yang mendukung dan struktur yang tepat untuk anak berani mengambil risiko yang wajar, seperti misalnya : memanjat pohon, bersepeda, dsb.

keterampilan anak untuk berani mempelajari hal baru

Memimpin Diri Sendiri & Terus Mempelajari Hal Baru

Seorang anak yang menyukai belajar, akan menjadi orang dewasa dengan kepribadian yang tidak mudah bosan dalam hidup. Dorong anak Anda untuk mengurangi menonton televisi dan memperbanyak membaca dan mengeksplor hal baru seperti bermain, berada di alam terbuka.

what people get admired and appreciated for in community are their soft skills: their sense of humor and timing, their ability to listen, their courage and honesty, their capacity for empathy

M Scott Pack

Tentunya tidak semua pendidikan formal mengajarkan soft skills, banyak lembaga pendidikan formal saat ini yang hanya berfokus pada nilai sebagai tolak ukur kemampuan anak.

Disinilah peran kita sebagai orang tua untuk memberikan pelajaran soft skills bagi anak sebagai bekal terbaik untuk masa depannya.

  • Sebenarnya, apakah ada lembaga akademi yang khusus memberikan pelajaran soft skills pada buah hati?
  • Apakah ada pelatihan yang bisa diikuti oleh orang tua dan anak yang bersama-sama, belajar soft skills demi masa depan si buah hati?
  • Mau banget sih ikut lembaga akademi keterampilan anak, tapi gak mau anak jadi stres karena udah sibuk dengan jam sekolahnya yang padat, apa ada solusi praktisnya?

Jawabannya YES YES YES !


Keterampilan anak yang dibutuhkan untuk masa depannya, dapat Ayah dan Bunda dapatkan pada link ini. Pilihan terbaik untuk selangkah lebih unggul mendukung buah hati menjadi pribadi sukses di masa depan sesuai passionnya.


MinRien

Kuliner Rumahan, bikin Ketagihan

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Chat MinRien
Halo,
saya Riennita,
ada yang bisa saya bantu?